Limbah Indah Kiat diduga cemari sungai dan tambak

November 25, 2006

Limbah Indah Kiat diduga cemari sungai dan tambak

SERANG (Bisnis): PT Indah Kiat Pulp and Paper yang berlokasi di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, dituding warga Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtyasa, Kabupaten Serang, Banten, sebagai penyebab tercemarnya air Sungai Ciujung serta ratusan hektar tambak milik warga desa tersebut.

Warga menduga IKPP membuang limbah beracun dan berbahaya (B3) ke Sungai Ciujung melampaui batas toleransi, sehingga air sungai itu kini tidak bisa lagi digunakan, terlebih untuk dikonsumsi. IKPP tertuding karena warga mengetahui bahwa pabrik kertas itu penghasil limbah kimia cair berbahaya dalam jumlah besar dan selama ini sering dipermasalahkan oleh pemerintah daerah.

“Masyarakat desa kami menduga itu akibat limbah yang dibuang PT Indah Kiat. Kami jadi sengsara karena air sungai yang biasa kami konsumsi tidak bisa digunkan lagi. Padahal ini musim kemarau, di man-mana sulit mendapatkan air bersih”, ujar Amran, Ketua HNSI Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Serang.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lapangan, air Sungai Ciujung itu kini berwarna hitam dan baunya sangat menusuk hidung apabila tercium dalam jarak dekat. Sejak lima hari lalu, masyarakat berhasil megumpulkan sekitar tiga ton bangkai ikan air tawar dari Sungai Ciujung akibat pencemaran itu. Termasuk ratusan hektar tambak milik warga tidak bisa digunakan karena air Sungai Ciujung itu juga mengairi tambak-tambak mereka.

“Untungnya tambak-tambak di desa kami tengah kosong karena baru saja panen. Namun karena tercemar, pembenihan terganggu. Padahal seharusnya bulan ini kami sudah memasuki masa pembenihan”, tambah Amran.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Manajer Humas PT IKPP Arif Madali membantah keras perusahaannya telah mengakibatkan sungai terbesar di Provinsi Banten itu berwarna hitam pekat dan berbau. Meskipun begitu, dia mengakui bahwa perusahaannya membuang limbah ke Sungai Ciujung.

“Namun jumlahnya jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan pemerintah. Saya ragu soal air sungai itu. Apa benar ada airnya? Setahu saya Sungai Ciujung sekarang dalam keadaan kering”, katanya menjawab Bisnis.

Menyangkut hal ini, Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Provinsi Banten Deddy M. Barmawidjaya enggan berkomentar. “Kami belum melakukan pemeriksaan ulang. Jadi saya belum berani berkomentar. Coba tanya orang kabupaten”, ujarnya
Yulian lintang (SIER online-17 Juli 2006)

12 Responses to “Limbah Indah Kiat diduga cemari sungai dan tambak”

  1. ade said

    BENAR APA YANG KAMU BILANG, LIMBAH INDAH KIAT MEMANG Sangat mencemari sungai ciujung, dalam waktu singkat apabila limbah dikeluarkan dalam waktu kurang dari 1 hari air sungai berubah warna dari warna coklat menjadi warna hitam dan berbau busuk, akan tetapi menerut sepengetahuan saya limbah merupakan bagian dari produksi apabila pihak periusahaan mengignginkan limbah berkurang berarti pihak perusahaan mengignginkan perusahaannya bangkrut, menurut saya salah satu strategi pemecahan masalahnya ada pada pihak perusahaan, pabila limbah yang dibuat sudah sesuai dengan ISO 1500 maka limbah tersebut sudah tidak mencemari lingkungan,

  2. telat baca beritanya, saya baca kok! makasih

  3. Badriudin (Urang Banten) said

    Assalamu alaikum,
    Sebetulnya masih ada solusi untuk mengatasi jenis limbah pabrik kertas seperti itu sehingga pada waktu dibuang ke sungai kondisi penampilan air limbah maupun kandungan kimia (BOD. COD dan yang lainnya) telah memenuhi baku mutu untuk di buang ke sungai.

    Kebetulan saya yang aslinya urang banten sekarang ini kegiatannnya mengelola usaha di Jawa Timur menangani segala jenis limbah cair supaya pada waktu di buang memenuhi baku mutu.
    Salah satunya perusahaan kertas yang saya tangani juga groupnya sinar mas yang ada di Malang hasilnya alhamdulilah cukup optimal.

    Sehingga yang penting perusahaan mau menangani serius dan sedikit berkorban untuk ngolah limbah tersebut, insya alllah saya dan team sebagai aplikasi dari salah satu ibadah akan berusaha mencegah kerusakan (lingkungan) di muka bumi, bahkan siap mencegah kerusakan yang paling besar yaitu mencegah kemusyrikan dan kekafiran dimuka bumi demi tegaknya kalimah Allah.

    Wasslamu alaikum

  4. aini said

    Penanganan limbah yang ada saat ini memang harus lebih optimal salah satu alternatif solusinya bisa menggunakan incinerator, akan tetapi jika kita menggunakan incinerator konvensional permasalahan beralih menjadi polusi udara karena ada asap yang mencemari lingkungan bahkan partikel-partikel halus yang kita tidak bisa lihat secara kasat mata bisa memacu kerusakan sel kecenderungannya menjadi kanker, disini kami memiliki solusi incinerator tanpa asap (Zero Polution) dan sisa residu hasil pembakarannya hanya 0.1% dari limbah semula. Semoga kami disini bisa membantu mengatasi permasalahan lingkungan dan tentunya for a better future.

    salam

  5. […] coba Limbah Indah Kiat diduga cemari sungai dan tambak SERANG (Bisnis): PT Indah Kiat Pulp and Paper yang berlokasi di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, dituding warga Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtyas … more » […]

  6. OKI FIRMAN said

    Ada solusi tepat untuk mengatasi limbah industri, saya bekerja di bidang Mikroba Pengurai yang mana berfungsi menekan Bod dan Tss. untuk lebih jelas nya dapat menghubungi PT. Bio Eco Lestari dengan oki firman di Tel 021-5869669 atau Hp 0818-969682

  7. Oki Firman said

    PT. Bio Eco Lestari Solusi tetap untuk mengatasi masalah Limbah Tambak, Limbah Hatchery, Septic Tank Treatment, Grease / Drain Treatment For Piping ( Household / Residential, Shopping Mall, Restoran, Hospital, Public Kitchen dan Limbah Industi. Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengubungi bagian marketing dengan oki firman 021-5869669, 0818-969682

  8. evi said

    coba jangan menampilkan kejelekan sungai ciujung saja namun tampilkan juga informasi penting mengenai sejatrah sungai ciujung dan yang lainnya sehinnga mahasiswa yang mencari data mengenai sungai ciujung tidak sulit mencarinya ,,,seperti saja sangat sulit untuk menemukan data ciujung selain air sungai yang sudah tercemar

  9. arfian said

    Sebetulnya warga tidak perlu cemas dengan adanya limbah justru disamping itu jg ada dampak positif dan negatif tentang limbah..
    namun pada dasarnya perusahaan telah berusaha untuk tidak mencemari lingkungan, namun akibat kelalaian pekerja dan pengelolaan limbah yang tidak benar dan yang kurang cermatnya para pekerja dalam menangani hal ini, maka perusahaanlah yang akan dirugikan sendiri maka saya sebagai pemerhati lingkungan mohon kepada perusahaan yang agar menindak tegas para pekerja yang kurang baik bila perlu para pekerja yang kurang baik dipecat.. akibatnya perusahaan juga yang akan dirugikan..
    makasih atas perhatiannya

  10. cipu said

    guuuuuuuuuuuuuuuuuuudddddddddddddddddddd

  11. IKPP Serang sudah memasang anaerobic system sekarang, yang akan menjadikan air limbah di IKPP Serang jauuuuhhhh lebih bagus dari sebelumnya…Anaerobic system yang di pasang adalah yang terbesar se Indonesia.

    Improvement dan komitment management IKPP Serang patut di acungi jempol…

    check in wwt_ipal@yahoogroups.com

  12. BUDI MULYONO said

    baku mutu limbah cair untuk kegiatan hatchery?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: