Pengangguran Terbuka Mencapai 48 Persen

October 27, 2006

Padang, Kompas – Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi mengungkapkan, angka pengangguran terbuka di daerahnya mencapai 48 persen atau sekitar 853.123 oraPadang, Kompas – Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi mengungkapkan, angka pengangguran terbuka di daerahnya mencapai 48 persen atau sekitar 853.123 orang. “Sekitar 70 persen tenaga kerja Sumbar termasuk kategori pekerja informal dan 38 persen penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja mempunyai latar belakang pendidikan tidak tamat sekolah dasar (SD) dan tamat SD,” ungkap Gubernur Gamawan di Padang, Senin (17/4).

Tingginya angka pengangguran terbuka, kata Gamawan, akibat rendahnya penyerapan tenaga kerja pada hampir semua sektor pembangunan di Sumbar. Sekitar 44 persen penduduk yang bekerja adalah kategori setengah pengangguran, yang bekerja kurang dari 36 jam per minggu. Dan 15 persen dari pekerja setengah pengangguran tersebut termasuk kategori kritis karena bekerja kurang dari 15 jam per minggu.

Menurut Gamawan, produktivitas tenaga kerja di Sumbar termasuk rendah, terutama di sektor pertanian. Tahun 2004, sektor pertanian mampu menyerap hampir 50 persen tenaga kerja, tetapi hanya menyumbang sekitar 24 persen terhadap pembentukan PDRB Sumbar.

“Upaya yang telah dilakukan antara lain perluasan lapangan kerja melalui penempatan tenaga kerja dalam negeri, luar negeri, bimbingan teknologi padat karya, teknologi tepat guna, dan penempatan pemuda mandiri profesional,” katanya. (NAL)

ng. “Sekitar 70 persen tenaga kerja Sumbar termasuk kategori pekerja informal dan 38 persen penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja mempunyai latar belakang pendidikan tidak tamat sekolah dasar (SD) dan tamat SD,” ungkap Gubernur Gamawan di Padang, Senin (17/4). Tingginya angka pengangguran terbuka, kata Gamawan, akibat rendahnya penyerapan tenaga kerja pada hampir semua sektor pembangunan di Sumbar. Sekitar 44 persen penduduk yang bekerja adalah kategori setengah pengangguran, yang bekerja kurang dari 36 jam per minggu. Dan 15 persen dari pekerja setengah pengangguran tersebut termasuk kategori kritis karena bekerja kurang dari 15 jam per minggu. Menurut Gamawan, produktivitas tenaga kerja di Sumbar termasuk rendah, terutama di sektor pertanian. Tahun 2004, sektor pertanian mampu menyerap hampir 50 persen tenaga kerja, tetapi hanya menyumbang sekitar 24 persen terhadap pembentukan PDRB Sumbar. “Upaya yang telah dilakukan antara lain perluasan lapangan kerja melalui penempatan tenaga kerja dalam negeri, luar negeri, bimbingan teknologi padat karya, teknologi tepat guna, dan penempatan pemuda mandiri profesional,” katanya. (NAL) (KCM, 18/04/06)

One Response to “Pengangguran Terbuka Mencapai 48 Persen”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: