Pemerintah Beri Bantuan Kecamatan seIndonesia Rp1,5 – 3 Miliar

October 27, 2006

Jakarta ( Berita ) : Pemerintah akan memberikan dana bantuan kepada sebanyak 2000 kecamatan di seluruh Indonesia.

Bantuan yang akan diberikan berkisar Rp1,5 miliar hingga Rp3 miliar setiap kecamatan.

Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Departemen Dalam Negeri  Ayib Muflich mengatakan, bantuan tersebut merupakan realisasi dari program pengembangan kecamatan (PPK) yang akan dimulai tahun 2007 mendatang. Dana yang bersumber dari APBN dan bantuan luar negeri itu akan disalurkan langsung ke kelompok masyarakat di desa, tidak melalui pemerintahan provinsi maupun kabupaten/kota.

“Penyaluran dana tidak mampir di provinsi atau pun kabupaten/kota, tapi langsung ke kolektif masyarakat desa,” kata Ayib di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/10).

Mengenai pertanggungjawabannya, kata Ayib, secara administratif ada pada penanggung jawab operasi kegiatan (PJOK) yang dulu dipegang oleh PMD kecamatan. Guna membangkitkan rasa kepemilikan dari Pemerintah Daerah (Pemda), maka harus ada cost sharing dengan APBD.

“Formasinya bisa 20 persen dari APBD dan 80 persen dari pusat, atau 30 persen daerah dan 70 persen dari pusat,” ujarnya.

Untuk itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Ma’ruf telah meminta daerah menetapkan lokasi-lokasi yang akan menjadi sasaran program. Daerah yang menjadi prioritas adalah yang berpenduduk miskin atau desa tertinggal. Model kegiatannya, kata dia lagi, berupa kegiatan fisik yaitu pembangunan infrakstruktur jalan dan nonfisik berupa simpan pinjam.

Proses seleksi daerah mana yang menjadi prioritas, pemerintah menggunakan database dari Biro Pusat Statistik (BPS). Hal tersebut untuk menghindari terjadinya manipulasi data dari daerah. Pemerintah juga menyiapkan tenaga pendampingan, tenaga teknis di lapangan dan fasilitator di tingkat kecamatan. “Program tersebut akan berlangsung selama 3 tahun dan bila gagal akan dihentikan,” terangnya.

Menanggapi program tersebut, peneliti senior dari LIPI, Syamsudin Haris mengatakan, program tersebut sah-sah saja sejauh itu menyangkut upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Menurutnya selama ini dana untuk pemberdayaan masyarakat terkadang tidak disalurkan dengan baik ketika harus melalui provinsi atau kabupaten/kota. “Dengan penyaluran langsung itu, diharapkan bisa dirasakan alngsung oleh masyarakat bawah,” kata Haris.

Dia mengharapkan mengenai sistem kontrolnya harus benar-benar jelas. Kontrol terhadap penggunaan dana sebaiknya tidak hanya dilaksanakan oleh PJOK.

“Publik juga harus dilibatkan, misalnya LSM yang mempunyai konsen yang sama dengan program tersebut. Maka transparansi dalam pengelolaannya sangat penting,” ujarnya. (iws)

(www.beritasore.com

One Response to “Pemerintah Beri Bantuan Kecamatan seIndonesia Rp1,5 – 3 Miliar”

  1. KORNELIS W.GATU said

    Saya justeru secara prinsip sangat setuju karena hal ini mencegah terjadinya sunat dana ditengah jalan. Sebagaimana kenyataan yang pernah terjadi dengan bantuan sebelumnya yang berjumlah 300 juta, akhirnya disunat di Kabupaten 25 juta dan disisakan ke Kecamatan hanya 275 juta rupiah dengan berbagai macam alasan dan argumen yang manfaatnya tidak selalu jelas. Realitas ini sungguh terjadi di Kabupaten Ende-Flores Nusa Tenggara Timur yang pada saat itu pengalokasian anggaran untuk Kecamatan Lio Timur. Sebagai kader lokal, dan society control kami merasa punya kapasitas untuk tahu secara jelas berbagai info soal pengalokasian dana dari Pemerintah Pusat. Paling parah lagi, ketika ditanya mengenai hal tersebut, Pemkab selalu berbelit-belit yang berujung pada dana tenggelam tanpa tanda nyata. Mohon Depdagri membuat sikap serius dan diharapkan agar KPK bertindak tegas apabila menemukan kondisi riil dilapangan. makasih atas pelayanan ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: