Orang Jakarta Buang Rp1,5 M per Hari

October 27, 2006

Tahukah Anda, penduduk Jakarta kerap membuang receh hingga Rp1,5 miliar setiap hari? Angka itu muncul bila kita menghitung jumlah anak jalanan yang berseliweran di Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi) dengan uang receh yang diberikan kepada mereka. Tak sepenuhnya buang-buang uang sih, tapi uang sebesar itu akan lebih bermanfaat bila dimenej dan digunakan untuk keperluan lain. Mau lebih jelas…?
Mari kita berhitung. Berdasarkan data Komnas Perlindungan Anak (KPA), jumlah anak jalanan di Jabodetabek saat ini mencapai 75.000 orang. Setiap anak bisa mengantongi lebih dari Rp20 ribu per hari, lho, dari meminta-minta. Itu artinya, mereka mengantongi Rp1,5 milyar per hari!

Di satu sisi, apalah arti uang recehan seratus atau lima ratus rupiah buat Anda. Tapi di sisi lain, tanpa disadari, kita telah membuat mereka betah di jalanan. Perhitungan matematis di atas, menimbulkan satu pertanyaan ironik yang besar. Bisa jadi, kitalah yang membuat anak-anak itu betah berada di jalan. Dengan mengamen, mengemis, menyapukan kemoceng di atas dashboard mobil, atau menyodorkan amplop sumbangan, seorang anak jalanan usia SD bisa memiliki penghasilan yang beda tipis dengan lulusan diploma. Begitu mudah bagi mereka.

Siapkan biskuit, permen, susu kotak
Pertanyaannya sekarang, dikemanakan uang penghasilan itu? Benar-benar untuk biaya sekolah atau bermain dingdong? Tak ada yang tahu pasti. Satu hal yang pasti, jumlah mereka kian menjamur. Mungkin karena mereka merasa tanpa perlu capek-capek sekolah atau susah-susah melamar kerja, tapi mendapatkan penghasilan yang nyaris setara dengan penghasilan lulusan diploma.

Mari, menjadi sahabat anak yang tidak memanjakan, tapi melakukan tindakan serta bantuan yang langsung bisa mereka nikmati. Sebagai pengganti uang receh, berikan mereka nutrisi bergizi atau barang layak pakai. Mulai sekarang, sediakan dalam tas atau mobil Anda: biskuit, permen, buah, susu kotak/botol, atau barang-barang bermanfaat lainnya yang langsung bisa diberikan saat tangan-tangan kecil itu menengadah di dekat Anda.

Sumber :www.kdp.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: