Kenaikan BBM Picu PHK Buruh dan Meningkatnya Jumlah Orang Gila

October 26, 2006

Kenaikan BBM Picu PHK Buruh dan Meningkatnya Jumlah Orang Gila
Sabtu, 29 Oktober 2005
Kenaikan harga bahan bakar minyak dan membanjirnya produk impor dengan harga yang lebih murah di pasar membuat industri garmen dan plastik di Jakarta Barat menjadi industri yang paling rentan melakukan pemutusan hubungan kerja. Hal ini diperkirakan akan terjadi setelah hari raya Idul Fitri.Pemutusan hubungan kerja (PHK), akan segera dialami sebagian dari 459.217 buruh yang bekerja di 6.759 perusahaan di Jakarta Barat(Kompas 25/10/05). Sementara dari Kudus dilaporkan, setiap perusahaan otobus (PO) antarkota dan antarprovinsi mengandangkan 30 persen armada busnya, karena jumlah penumpang yang terus menurun. Akibatnya, jumlah pengeluaran pembelian bahan bakar solar lebih besar dibanding hasil penjualan tiket. Sampai 8 hari menjelang Lebaran (H-8) belum terjadi lonjakan penumpang.Hal itu diungkapkan pimpinan PO Nusantara Handojo Budianto (Kompas-Jawa Tengah 26/10/05).

Di Padang, sejumlah perusahaan angkutan penumpang laut yangmelayani rute dari Padang ke berbagai daerah di Kepulauan Mentawaiterancam gulung tikar akibat membengkaknya biaya operasional pascakenaikan harga BBM (Media Indonesia-Online 27/10/05).

Di Jakarta, jumlah orang gila di Jakarta belakanganini mengalami peningkatan. Empat panti laras milik Pemerintah ProvinsiDKI Jakarta, yakni di Cengkareng, Cipayung, Daan Mogot, dan Bambu Apus, sudah tidak mampu lagi menampungnya (TempoInteraktif 27/10/05).

Di Palembang, penentangan terhadap kebijaksanaan kenaikan harga bahan bakar minyak terus berlanjut. Paling tidak sekitar 150 pemuda dari delapan organisasi massa yang berkoalisi dalam Gerakan Bersama Tolak (Gebrak) BBM mengadakan gelar seni dan orasi di Jalan Kapten A Rivai Palembang, depan Kantor Gubernur Sumsel, Sabtu (22/10).Menurut Prawira, koordinator aksi, demonstrasi itu digelar untuk terus memberikan semangat bagi rakyat dalam menentang kebijakan pemerintah pusat menaikkan harga BBM (Kompas 24/10/05).

Sumber (website UPC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: