Menko Ekuin : Dana Kemiskinan Mencapai Rp 18 Triliun

April 28, 2004

Menko Ekuin : Dana Kemiskinan Mencapai Rp 18 Triliun
28 April 2004

TEMPO Interaktif, Jakarta:Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti mengatakan setelah dilakukan identifikasi ke sejumlah departemen, pihaknya mencatat dana untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia tahun 2004 mencapai Rp 18 triliun. Hal ini dikatakan Dorodjatun dalam Rapat Koordinasi Strategi Penanggulangan Kemiskinan Nasional di Hotel Ambara Jakarta Rabu (27/4).

“Saya kira sekitar Rp.18 triliun yang harusnya sampai ke masyarakat Indonesia,” kata Dorodjatun. Menurutnya dana sebesar itu saat ini tercecer di berbagai departemen. “Karena APBN untuk membantu masyarakat miskin tersebar di berbagai departemen, lembaga pemerintahan non departemen dan pemda-pemda,” katanya.

Saat ini, kata Dorodjatun, berdasarkan data BPS tercatat angka kemiskinan di Indonesia mencapai 37,3 juta jiwa atau 17,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia. “Jumlah ini meningkat bila dibandingkan dengan angka kemiskinan sebelum krisis tahun 1996 yang mencapai 22,5 juta jiwa atau 11,3 persen,” katanya. Kemiskinan 20,32 persen berada di pedesaan dan 13,57 persen ada di perkotaan.

Dorodjatun mengatakan ada beberapa faktor penyebab kemiskinan. Dia mencontohkan, terbatasnya kesempatan kerja, rendahnya kepemilikan aset, kurangnya akses terhadap fasilitas pendidikan, kelemahan tata pemerintahan dan lemahnya penyelenggaraan perlindungan sosial.

Salah satu yang perlu dilakukan, Dorodjatun menjelaskan, pemerintah akan terus meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. “Harus 7 persen per tahun. Selain itu inflasi juga harus diturunkan sebab kasihan rakyat walau mendapat nafkah tetapi harga mengejar mereka,” katanya.

Hal lain yang perlu dilakukan,lanjut dia, mengusahakan agar investasi terus masuk. “Pemilu yang dinilai baik dan disusul pemilu presiden juga, maka sehabis itu investor balik lagi ke Indonesia,” prediksi Dorodjatun. Muhamad Nafi – Tempo News Room

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: